Rabu, 09 Januari 2013

Kolam Renang Dengan Grating / Overflow Grating



Kolam renang dengan sistem overflow, biasanya menyediakan semacam kanal kecil di sekeliling kolam untuk menampung tumpahan air.Kanal kecil tersebut, biasanya tidak dibiarkan terbuka karena berbagai pertimbangan.Pertama,mungkin pemandangannya jadi kurang sedap, jadi ada pertimbangan estetikanya, keduanya, pertimbangan keamanan, kaki perenang bisa kejeblos dan perenangnya bisa cedera. Oleh karena itu, lazim kanal kecil tersebut ditutup oleh overflow grating atau oleh penutup lain semacam grating yang terbuat dari bermacam bahan, misalnya batu alam yang dibentuk secara khusus dan lain sebagainya.

Pabrikan-pabrikan besar semacam Astral telah mempatenkan sejumlah overflow grating sebagaimana yang bisa dilihat satu per satu di bawah ini. Namun demikian, produk-produk bermerek itu untuk di Indonesia jatuhnya bisa jadi kurang ekonomis. Oleh karena itu, seperti halnya komputer, ada branded bikinan luar negeri, dan ada rakitan lokal. Ada produk bermerek luar negeri, dan ada kompatibelnya bikinan tanggulangin, demikian pula, grating selain produk bermerek asing, ada pula produk kompatibelnya yang kurang lebih komparabel dalam hal kualitas, dengan harga yang lebih ekonomis.

Ada seribu satu jenis grating, tapi produk (overflow) grating yang disediakan oleh kami, adalah produk-produk yang populer. Secara umumnya, grating ini dibedakan berdasarkan as-nya, ada 1-as (satu poros) dan 2-as (dua poros), kemudian dibedakan lagi berdasarkan lebarnya (19,5cm alias 20cm, 25cm, 30cm, atau 35cm), lalu warnanya (biru-muda, biru-tua, putih, kuning-gading, abu-abu, dlsb). Pembeliannya, biasanya dihitung per meter.

Selain grating umum tersebut, ada pula pelengkapnya, grating khusus (yang tidak begitu populer di Indonesia) yaitu grating untuk pojokan, misalnya grating untuk pojokan sudut belok 90 derajat, atau grating pojokan untuk sudut 45 derajat.  Mengapa yang ini kurang populer? Dengan sendirinya, dalam suatu konstruksi kolam renang, kecuali kalau bentuknya amat aneh, tentu grating yang biasa akan lebih banyak diperlukan daripada grating pojokan. Di sisi lain, untuk bagian pojokan itu, agar ekonomis, bisa saja diakali dengan cara konstruksi/pembuatan kolam renang sedemikian rupa sehingga tidak diperlukan grating khusus yang mahal.

Rekomendasi kami, bila anda menginginkan sekedar fungsi saja, untuk overflow-grating, lebih baik digunakan grating standar versi lokal yang kompatibel. Namun demikian, untuk menjamin bahwa kualitasnya memenuhi syarat.

Sekedar gambaran saja, untuk menambah pengetahuan anda sekalian, berikut ini adalah gambaran grating-grating yang disediakan oleh Astral.


Astral - Modular Overflow Grating - Straight Tile

Astral - Modular Overflow Grating - Straight Tile

Bahan: polypropylene. Dibuat khusus, agar warnanya tetap stabil, tidak pudar oleh sinar matahari/ultraviolet. Bentuknya seperti kotak lantai, sehingga 5 unit saja, cukup membentuk panjang 1 meter (linier). Bisa agak dilengkungkan sedikit untuk membentuk lingkaran, namun lingkaran yang dibentuknya minimal beradius 5 meter. Ada versi 20cm (195mm), 25cm (245mm), 30cm (295mm), dan 35cm (345mm).


Astral - Modular Overflow Grating - Curved Tile

Astral - Modular Overflow Grating - Curved Tile

Bahan: polypropylene dengan anti UV persis di atas, 5 unit = 1 meter linier. Ideal untuk kolam dengan bentuk bebas (freeform). Dapat dikombinasikan dengan model straight tile di atas. Dengan curved tile ini, grating dapat membentuk lingkaran dengan radius yang lebih kecil (ie. 1 atau 2 meter, dan tidak mesti 5 meter seperti di atas).


Astral - Modular Overflow Grating - End Piece


Astral - Modular Overflow Grating - End Piece

Kadang-kadang, kanal yang akan ditutup grating tidak pas sekian meter, tapi sekian koma sekian meter. Nah, akibatnya, kadang kala grating perlu dipotong. Demi kerapihan, Astral sudah menyiapkan grating untuk penutup bagian ujung agar terlihat rapih. Penutup ini bisa dipasangkan dengan dua jenis grating di atas. Sehingga ukurannya pun bermacam-macam (20, 25, 30, 35 cm). Sebagai catatan tambahan, ketiga jenis di ini semuanya berketebalan sekitar 24mm.


Astral - Modular Overflow Grating


Astral - Modular Overflow Grating

Berbeda dengan model di atas, jenis ini lebih moduler lagi, karena terdiri dari unit-unit kecil. Untuk membentuk 1 meter linier, perlu dirangkai 49 unit.

Tebalnya hanya 22mm, lebarnya 20 atau 25 cm (195mm atau 245mm, dua poros). Bisa dirangkai dengan kabel baja khusus (Plasticised Steel Cable) yang ujungnya dikunci dengan pin khusus (Locking Pins in Brass).



Astral - Perimeter Grating


Astral - Perimeter Grating

Perimeter Grate, Tebal 22mm, Lebar 195mm, Panjang 500mm.

Astral - Grating Support Profile


Astral - Grating Support Profile

Cocok untuk grating dengan ketebalan 22, 24 dan 35mm. Berbahan plastik. Dijual per 2 meteran. Ukuran bagian dalam 24mm x 37mm.

Astral - Stainless Steel Parallel Grating Tile

Astral - Stainless Steel Parallel Grating Tile
Standarnya 500mm, tetapi bisa dibuat custom-made sesuai kebutuhan. Sudut 90 derajatnya pas parallel tiles (20, 25, 30, 35 cm), dengan dibagian sudut ada plat anti slip. Parallel grating mewah berbahan stainless steel untuk deck level pool. Didesain untuk memastikan sekeliling kolam tetap kering. Kanal setidaknya 5mm lebih lebar dari tile ini harus dibuat agar penempatannya pas.


AstralPool Modular Grating for Curves


Astral - Modular Grating for Curves

Polypropylene. Saling mengunci (Snaps together) di bagian tengahnya untuk mendapatkan fleksibilitas antar unit. Memenuhi EN-13451-1 standard (8mm). Satu meternya perlu 51 unit. Ada pilihan beberapa warna (biru tua, biru muda, coklat, kuning-gading, putih). Ketebalan 22mm.


Astral - Reversible Modular Grating for Curves

Astral - Reversible Modular Grating for Curves

Mirip di atas. Polypropylene. Snaps together. Conforms dengan EN-13451-1 standard (8mm). 51 Unit per meter. Warna light blue, dark blue, brown, ivory, dan white.

Seperti di atas juga, lebarnya 195mm, 245mm, 295mm, dan 345mm. Namun, ketebalannya adalah 35mm, sementara yang di atas 22mm.

Astral - Modular Grating for Curves


Astral - Modular Grating for Curves

Polypropylene. Snaps together (satu poros). Amat fleksibel untuk membuat lengkungan. Conforms dengan EN-13451-1 standard (8mm). 45 Unit per meter linier.

Lebarnya 195mm, 245mm, 295mm, atau 345mm. Dengan ketebalan 22mm atau 35mm. Grating ini termasuk paling populer dimana-mana.



Astral - 45° Corner Tile for Overflow Channels


Astral - 45° Corner Tile for Overflow Channels

Polypropylene. Lebarnya 195mm, 245mm, 295mm, atau 345mm. Dengan ketebalan 22mm atau 35mm. Untuk pojokan yang 45 derajat.



Astral - 90° Corner Tile for Overflow Channels

Polypropylene. Lebarnya 195mm, 245mm, 295mm, atau 345mm. Dengan ketebalan 22mm atau 35mm. Untuk pojokan siku (90 derajat)

"Get Your Dream"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar