Kita sudah melihat bahwa air di kolam renang perlu beredar melalui sistem penyaringan, untuk menghilangkan kotoran dan puing-puing. Selama operasi normal, air mengalir ke sistem penyaringan melalui dua atau lebih utama mengalir di bagian bawah kolam renang dan beberapa skimmer mengalir di sekitar bagian atas kolam renang.Utama saluran air biasanya terletak pada titik terendah di kolam renang, sehingga miring seluruh kolam permukaan ke arah mereka. Sebagian besar kotoran dan puing-puing yang tenggelam keluar dari kolam renang melalui saluran air. Untuk mencegah orang mendapatkan rambut mereka atau anggota badan terjebak dalam pipa, saluran air hampir selalu ditutupi dengan Grates atau sampul antivortex (penutup yang mengalihkan aliran air untuk mencegah pusaran berbahaya dari pembentukan).




 The return port A typical vacuum port A pool vacuum cleaner



The return port A typical vacuum port A pool vacuum cleaner



The return port A typical vacuum port A pool vacuum cleaner



Port kembali Sebuah port khas vakum Sebuah vacuum cleaner kolam renang
Para skimmer menimba air dengan cara yang sama sebagai utama saluran air, tapi mereka mengisap hanya dari bagian paling atas dari kolam (kedelapan atas inci, biasanya). Setiap puing-puing yang mengapung - daun, suntan oil, rambut - meninggalkan kolam renang melalui saluran air. Diagram di bawah ini menunjukkan sistem umum.Dalam sistem yang dijelaskan di sini, bendung mengambang, pintu di lorong inlet, ayunan masuk dan keluar untuk membiarkan volume yang sangat kecil dari air pada suatu waktu. Untuk menangkap puing-puing efektif, tujuannya adalah untuk skim hanya tingkat permukaan. Air mengalir melalui keranjang saringan, yang menangkap setiap puing-puing yang lebih besar, seperti ranting dan daun. Selain inlet utama, sistem skimmer memiliki garis equalizer sekunder yang mengarah ke saluran bawah tingkat permukaan. Baris ini membuat skimmer dari menggambar udara ke dalam sistem pompa jika tingkat air turun di bawah tingkat inlet utama.Air dipompa melalui sistem penyaringan dan kembali keluar untuk kembali, katup inlet sekitar sisi kolam renang. Sistem ini melibatkan banyak hisap, tetapi jika kolam dibangun dan dioperasikan dengan benar, hampir tidak ada risiko seseorang hisap memegang terhadap salah satu dari saluran air. Satu-satunya cara sistem pipa bisa menerapkan semacam hisap adalah jika hanya ada satu saluran terbuka. Dalam kolam yang aman, selalu ada beberapa saluran utama serta beberapa saluran skimmer, jadi jika seseorang atau sesuatu blok satu saluran, sistem pompa akan menarik air dari salah satu saluran air lainnya. Ini menghilangkan hisap pada saluran diblokir.Sebagian besar kolam renang juga memiliki beberapa port vakum, yang hanya digunakan dalam pembersihan kolam renang. Port ini melampirkan pembersih vakum kolam renang, yang bekerja seperti pembersih vakum biasa kecuali bahwa mereka menyedot air bukan udara. Port vakum mungkin memiliki sistem sendiri memompa, tapi di kolam kebanyakan mereka didorong oleh pompa utama.Setelah membuat jalan ke
berbagai saluran air , air mengalir ke tahap penyaringan. Pada bagian berikutnya, kita akan mencari tahu apa sistem pemompaan dan penyaringan telah sempurna.